Kegiatan Kuliah didalam kampus merupakan proses pembelajaran untuk memantapkan kita sebagai mahasiswa untuk menjadi seorang pekerja dikemudian hari yang lebih berpotensi dan professional. Maka dari itu sebagai mahasiswa kita harus lebih aktif terhadap setiap kegiatan-kegiatan yang ada di kampus maupun lebih aktif bertanya dalam seminar dan kelas bila tidak ada yang dimengerti. Dalam perkuliahan juga banyak akan menghadapi berbagai masalah yang unik, dan berbeda-beda. Disebabkan bisa dari latar belakang sosial ekonomi yang berbeda, aspirasi, interaksi lintas budaya, lintas kelas sosial dan lingkungan belajar di kampus yang berbeda.
Dalam menghadapi rangkaian masalah dalam pembelajaran di kampus juga diperlukan semacam strategi kuliah agar dapat mengatur waktu, dana, tingkat aspirasi, penyelesaian kuliahnya. Harus didampingi dengan semangat belajar, ketekunan dan giat agar dapat mencapa tujuan yang direncanakan sebelumnya.
1. Mood ( Suasana Hati )
Harus menciptakan perasaan senang setiap kali menerima materi dengan menentukan waktu dan sikap belajar yang sesuai dengan pribadi masing-masing.
2. Understand ( Pemahaman )
Beri tanda pada kalimat atau kata yang tidak dapat dimengerti. Lalu mencari tahu dengan bertanya kepada teman atau dengan dosen atau dengan ahlinya dan dapat juga mencari dari sumber-sumber lain untuk mencari jawaban dari kata atau kalimat yang tidak dimengerti tersebut.]
3. Recall ( Mengulang Materi )
Mengulangi materi yang telah dipelajari secara berlanjut. Bisa juga membuat rangkuman dengan kata-kata sendiri secara singkat dan bisa juga menggunakan kata kunci setiap kalimat-kalimat yang panjang untuk dihafal.
4. Digest ( Menelaah)
Membaca kembali rangkuman yang telah dibuat dan bila kurang jelas bisa dengan mencoba mencari penjelasan yang lebih lanjut dari dosen atau sumber lainnya bila perlu bediskusi dengan teman.
5. Expand ( Mengembangkan )
Mengembangkan materi yang telah dipelajari dengan menerapkan pada kehidupan diri sendiri. Catat dengan lengkap bila ada kekurangan atau kelebihan bila diterapkan di lapangan. Lalu bisa didiskusikan dengan teman atau dengan dosen berdasarkan catatan yang dibuat dan materi yang dipelajari sebelumnya.
6. Review ( Mempelajari Kembali )
Pelajari kembali materi-materi yang telah dipelajari dan jangan pernah bosan untuk mengulang materi yang sudah dibaca karena semakin mudah kita dalam mengingat dan memahami.
Strategi untuk memdapatkan prestasi yang terbaik untuk kemampuan setiap mahasiswa dalam proses belajarnya.
1. Jadwal kegiatan
Menyusun jadwal yang cermat dalam melakukan setiap kegiatan, agar tidak membuang-buang waktu. Harus difokuskan dalam memanange waktu dan energy supaya memiliki waktu lebih banyak untuk proses pembelajaran daripada kegiatan pribadi.
2. Menetapkan tujuan yang Real
Belajar untuk membuat tujuan dan menjalankan tujuan tersebut dengan tepat waktu dan memiliki strategi yang cepat, tepat dan cermat.
3. Waktu yang efektif
Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Tetapkan prioritas utama untuk proses pembelajaran, lalu baru untuk kegiatan yang lain.
4. Kerjakan semua proses kuliah
Menghadiri setiap kelas kuliah dari awal dan akhir kelas dan mengahadiri semua proses pembelajarannya.
5. Biasakan belajar yang efektif
Luangkan waktu untuk mendalami materi yang telah dipelajari dan pelajari ulang dan bisa juga bentuk kelompok belajar untuk memperluas wawasan dan mengatasi masalah yang sulit agar dapat diselesaikan sendiri.
6. Menjalin hubungan yang baik dengan pembimbing akademik
Peranan pembimbing untuk bertanggung jawab dalam membantu kelancaran studi dan menjalani komunikasi rutin yang efekif yang akan membantu memperlancar proses pembelajaran. Dan memahami sikap dan sifat dosen yang berbeda-beda.
7. Pahami dosen
8. Taati peraturan dan kebijakan di universitas
9. Manfaatkan sarana dan prasarana kampus
10. Ambil aktivitas non-akademik yang sesuai bakat dan minat












